Apa itu Kesamaptaan

samapta%2B2014

Kesemaptaan 
Kesemaptaan adalah salah satu tahap seleksi untuk bergabung ke sebuah instansi.Kesemaptaan berasal dari kata Samapta yang memiliki arti sama dengan ready atau prepared,atau bisa juga diartikan kesiapan fisik.Kesamaptaan meliputi:

Lari 12 Menit
Lari 12 menita dalah test untuk menguji daya tahan otot (muscle endurance) dan cardio respriratory (meliputi daya tahan jantung, pernafasan dan peredaran darah).Lari 12 menit merupakan salah satu tahapan test kesempaptan biasanya instansi terkait akan bekerja sama dengan TNI ataupun Polisi.Kesamaptaan biasanya sering dilakukan di stadion ataupun di Batalyon.Pada saat test biasanya akan ditampilkan timer yang lumayan besar di pinggir lintasan,dengan metode hitung mundur selama 12 menit.Peserta akan diberikan no punggung atau tanda pengenal.Sementara panitia akan berada di pinggir lapangan dan menandai setiap keliling yang dicapai peserta.Ketika waktu telah habis maka para peserta wajib meletakkan no punggungnya di pinggir lapangan dimana posisi kita ketika waktu habis.
Standar Lari 12 untuk Laki-Laki: 6-7 kali lapangan sepak bola
Standar untuk Perempuan:5 lapangan sepak bola

BACA JUGA :  Prospek Lulusan Hukum: Pekerjaan Hukum bukan hanya Advokat

Push Up
Push Up akan dilakukan untuk mengetahui daya tahan lengan bagian luar.Test ini  di bawah pengawasan panitia yang biasanya TNI/Polri dan menghitung jumlah push up kita.Hitungan penuh 1 push up adalah,saat turun badan tidak menyentuh tanah,dan pada saat naik tangan kembali lurus.
Standar push up untuk Laki-Laki antara 35 sampai 40 kali
Standar push up untuk Perempuan antara 30 sampai 35
Waktunya biasanya 1 menit.

Sit Up
Sit Up adalah gerakan duduk kemudian bangun.Test ini bertujuan untuk mengetahui daya tahan serta fleksibilitas otot perut.
Standar untuk Laki-Laki 35-40 kali
Standar untuk Perempuan 30 kali
Waktu 1 menit

Pull Up dan Chining
Pull up dilakukan untuk mengetahui kekuatan otot lengan.Pull Up adalah gerakan dengan cara seperti bergantung pada tiang horizontal kemudian menarik badan keatas sampai dagu melewati tiang itu dan kembali turun sampai tangan lurus.
Standar untuk Laki-Laki 10
Chining adalah gerakan dengan cara berdiri di depan tiang mendatar, dengan kaki tetap menginjak tanah, kemudian tarik badan ke depan dan kembali ke belakang, setidaknya lakukan sebanyak 40 kali dengan gerakan yang sempurna. Lebih baik sedikit demi sedikit tetapi sempurna dari pada banyak tapi gerakannya tidak sempurna.

BACA JUGA :  Apa itu Jurusan Instrumentasi STMKG?

Shuttle Run 
Shuttle run adalah lari membentuk angka 8.Maksudnya adalah anda lari dengan kecepatan penuh (sprint) melewati 2 patok besi yang berjarak kurang lebih 10 meter dengan titik awal sebelah kanan patok belakang. Setelah ada aba2 start/peluit, Anda lari dari titik awal itu menuju sebelah kiri patok depan kemudian memutari patok itu sampai agan berada di sebelah kanan patok depan, setelah itu agan lari kembali ke patok belakang sebelah kiri, memutari patok itu sampai agan berada di sebelah kanan patok belakang kembali. lari membentuk angka 8 itu dilakukan sebanyak 3 kali putaran dan dicatat waktu tercepatnya dan ingat, harus dilakukan dengan kecepatan penuh agar nilainya bagus.Tes ini untuk mengukur akselerasi dan kelincahan tiap peserta. Upayakan waktu yang diperlukan tidak lebih dari 20 detik.

You May Also Like

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *