7 Hal Penting dalam Menulis Artikel Ilmiah

7 Hal Penting dalam Menulis Artikel Ilmiah – Setiap Peneliti atau Dosen tentu mempunyai rencana saat menulis sebuah artikel ilmiah. Untuk yang telah eksper menulis, pasti mereka mempunyai trick khusus hingga hasilkan artikel ilmiah yang lebih bagus, yang pasti bisa lebih cepat dan efektif. 

7 Hal Penting dalam Menulis Artikel Ilmiah

Berikut 7 poin utama yang dapat dijadikan tutorial dalam menulis artikel ilmiah:

1. Kerangka tulisan

Hal pertama yang dilaksanakan yakni membuat gagasan tulisan dengan membuat rangka tulisan. Rangka ini dibikin supaya tulisan Anda tersusun secara baik dan mempunyai susunan yang terang. Ide rangka ilmiah secara umum merujuk pada Introduction, Metode, Result and Discussion (IMRaD). Dan pasti ditutup dengan ringkasan. Rangka ini umumnya ditujukan untuk tipe artikel riset.

BACA JUGA : LENGKAP !!! Kisi-Kisi 20 Soal CPNS Tema Pancasila dan Wawasan Kebangsaan

BACA JUGA :  Perhatikan Hal Ini Agar Lolos SNMPTN atau SBMPTN


BACA JUGA : Gaji Lulusan STAN 2021 : Gaji Pokok dan Tunjanganya


BACA JUGA : Berapa Rata Rata Gaji Lulusan ITB ? Berikut Daftar Lengkapnya

2. Jangan dulu menulis

Cara ini mungkin sedikit berbeda dari umumnya. Jalurnya dibalik yaitu mendapati lebih dulu jurnal atau pertemuan tujuan. Langkah ini pas dilaksanakan bila ingin menulis bisa lebih cepat dan efektif karena standarnya sudah kita mengetahui sesuai ketetapan jurnal atau pertemuan yang hendak kita turuti. Ini memudahkan penulis untuk sesuaikan dengan standard yang ditetapkan oleh jurnal atau pertemuan itu.

3. Abaikan dulu tata bahasa

Ketika membuat tulisan artikel ilmiah, tidak boleh terlampau konsentrasi dengan gaya bahasa. Yang paling penting ialah menuliskan dahulu. Banyak penulis yang terjerat dengan memprioritaskan gaya bahasa saat menulis. Mengakibatkan, waktu penulisan artikel jadi lebih lama. Mengecek dan membenahi gaya bahasa bisa dilaksanakan diakhir sesudah menulis.

4. Tulis ulang

Setelah menuntaskan tulisan sama sesuai point 3, Anda perlu lakukan pengecekan supaya kwalitasnya bagus. Selanjutnya menulis kembali dengan konsentrasi pada faktor bahasa supaya hasil tulisannya lebih bagus.

BACA JUGA :  Penerimaan Calon Praja IPDN 2017/2018

BACA JUGA : Beasiswa S1 UNDIP 2021/2022 : Jadwal, Syarat dan Cara Pendaftaranya


BACA JUGA : Beasiswa Eropa University of Dundee : Cara Daftar, Syarat dan Jadwalnya


BACA JUGA : Beasiswa Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) 2021 : Cara Daftar, Syarat ,dan Jadwalnya

5.Cari pembaca

Meminta bantuan rekan atau orang yang pas untuk membaca tulisan Anda. Tak perlu menanti tulisan Anda prima karena tulisan tidak dapat prima bila cuman Anda yang membacanya. Karena itu perlu cari pembaca untuk menyikapi tulisan Anda. Hingga ada masukan yang Anda peroleh entahlah berbentuk masukan atau kritikan untuk menolong Anda membenahi tulisan Anda.

6. Buat judul yang singkat

Judul artikel ialah elemen khusus saat menulis. Judul ialah penarik awalnya untuk pembaca. Judul semakin lebih efisien dan menarik bila judul tulisan Anda pendek. Rerata judul artikel pendek di jurnal kelompok Q1. Anda dapat belajar ikuti beberapa contoh judul itu.

7. Pastikan abstrak singkat dan padat

Terakhir adalah memastikan sisi abstrak singkat tetapi padat. Abstrak yang bagus terbagi dalam 150 s/d 250 kata dan berisi semua pokok tulisan artikel. Didalamnya ada background, rumusan permasalahan atau arah, sistem hasil, dialog, dan ringkasan.

BACA JUGA :  Cari Jasa Ketik, Translate hingga Pembuatan Skripsi? Semua Bisa di Jagoketik. Harga Khusus Mahasiswa

Demikian Artikel mengenai  7 Hal Penting dalam Menulis Artikel Ilmiah, semoga bermanfaat untuk pembaca semua. 

Next Post

No more post

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *