Pengalaman STMKG 2015-2016

Screen Shot 2013 10 13 at 8.20.33 PMSTMKG
Sekolah Tinggi Metereologi Klimatologi Geofisika merupakan salah satu sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Metereologi Klimatologi Geofisika(BMKG).
Oke langsung saja,pendaftaran STMKG mulai di buka sekitar,kalo tidak salah 6 September sampai dengan akhir bulan September.

Diawali dengan pendaftaran secara online dengan memasukkan alamat Email yang masih aktif di website resmi STMKG dan konfirmasi kembali melalui Email.
Selanjutnya saya diinstruksikan mengirim uang pendaftaran sebesar Rp.75.000 ke no rekening STMKG,setelah itu nanti bakal dikasi kertas sama teller dan disana pasti ada kode PIN kalo udah transfer.

Selanjutnya balek lagi ke Web STMKG trus login pake Kode Pembayaran(Kode Pembayaran diperoleh dari Email) dan Kode PIN(kode PIN dari Bank),kalo uda login bakal disuruh ngisi data-data seperti nilai raport Matematika,Fisika,B.Inggris disuruh upload photo,alamat,bla bla bla.

Oke selanjutnya ujian,perlu di ketahui ujian STMKG tahun ini diundur,yang biasanya bulan Juli atau Agustus,sekarang jadi bulan September.STMKG melaksanakan ujian hanya pada kota yang memiliki kantor BKN(Badan Kepegawaian Negara)kalo di Sumatera ada di Medan,Pekanbaru,Palembang masi ada lagi tapi cuma itu yang ingat,saya dari Sumatera Utara tapi saya ujian dari Pekanbaru,pasti banyak yang nanya kenapa bukan dari Medan?lagi pula waktu itu lagi rame-ramenya bencana asap,tapi pengen aja ujian dari Pekanbaru sembari berharap peminat dari Pekanbaru sedikit.

Tanggal 4 Oktober saya berangkat ke Pekanbaru pake Bus Sampagul,sampe senin pagi(5 Oktober) pag.Dengan modal nekad saya cari kantor BKN Kanreg XII,setelah berjam-jam keliling akhirnya jumpa juga sama kantor BKN KanregX
II di Jl.Hang Tuah Ujung.

Catatan:Pada seleksi ini saya memilih jurusan Geofisika.
Jurusan di STMKG ada 4 yaitu:
1.Spesialis Meteorlogi,untuk deskripsi nya silahkan baca di Apa itu Jurusan Meteorlogi
2.Spesialis Geofisika,untuk deskripsi nya silahkan baca di Apa Itu Jurusan Geofisika
3.Spesialis Klimatologi,untuk deskripsi nya silahkan baca di Apa Itu Jurusan Klimatologi
4.Spesialis Instrumentasi,untuk deskripsi nya silahkan baca di Apa Itu Jurusan Instrumentasi

TKD(Test Kompetensi Dasar)
Tiba hari ujian tahap pertama yaitu TKD(Test Kompetensi Dasar) yang berbasis CAT(Computer Assisted Test).Oke apa itu TKD?TKD merupakan ujian standarisasi seleksi buat kedinasannya,kata lainnya test CPNS nya,kalo mau tau lebih lanjut tentang TKD sekalian tips dan triknya,baca di Apa Itu Test Kompetensi Dasar..

BACA JUGA :  Perjalanan Hidup Tito Karnavian: Yang Mau Masuk AKPOL Harus Baca

Lanjut CAT merupakan metode ujian yang sangat simpel tidak perlu bawa apa-apa,cuma bawa diri dan cukup duduk manis di depan komputer dan klik klik,kalo mau tau lebih lanjut tentang CAT dan tips triknya,baca(Apa Itu Computer Assisted Test).

Waktu ujian TKD saya lulus dengan nilai TWK(Test Wawasan Kebangsaan)=110,TIU(Test Intelegensi Umum)=75,TKP(Test Karateristik Pribadi)=145 perlu diketahui untuk melewati/lolos TKD harus melewati nilai standar yaitu TWK=70 TIU=75 TKP=126.

Saya lolos dengan total nilai 330 dan peringkat 6 dari 50 peserta dan yang lolos cuma 15 orang,perlu diketahui pendaftar dari Pekanbaru 176 orang dengan kuota 15 orang untuk test kesehatan dan wawancara tentu saja setelah lulus TKA(Test Kompetensi Akademik).Oke balek lagi ke TKD,test TKD di Pekanbaru terbagi 4 tahap yaitu tahap pertama jam 08.00,tahap kedua jam 09.40,tahap ketiga jam 11.20,tahap keempat jam 13.00.Saya kebetuan dapat giliran jam 09.40 saya datang pukul 08.00 dan disuruh menunggu di lobby kantor BKN dan kira-kira jam 09.00 disuruh mengisi absen,dengan cara menunjukkan kartu tanda peserta dan KTP,kalo sudah aman pasti akan dikasih no PIN buat login ke Komputer pas ujian nanti.

Dan akhirnya tiba giliran jam 09.40 masuk ke ruangan,keliatannya sih kayak Lab Komputer dan peserta diarahkan untuk mengisi Computer yang paling depan terlebih dahulu,saya kebagian computer no 14.Pertama bakal di kasih pengarahan cara kerja ujian berbasis CAT,trus login pake PIN dan kode sesi(kode sesi di kasih pas di ruangan ujian),kalo uda login disuruh chek data kalo ada yang tidak sesuai agar dilaporkan,kebetulan semua perseta tidak ada yang bermasalah,saya mulai menjawab soal yang diberikan tapi saya langsung loncat ke TKP karena menurut saya lebih mudah,terus ke TIU,dan TWK dengan waktu yang cuma 1jam40 menit saya mengusahakan menjawab semua soal karena tidak ada nilai minus.

BACA JUGA :  PENGALAMAN STIS: SUKA DUKA SELAMA BERKULIAH DI STIS

Yaa seperti sudah saya bilang sebelumnya saya lulus dengan nilai 330,dan pada TKD yang lulus cuma 53 orang dari 176 peserta.Perlu diketahui kalo ujian sistem penilaian CAT itu “langsung” tidak menunggu-nunggu,siap ujian nilai langsung terpampang jelas di monitor anda,bukan hanya di monitor anda tetapi di lobby juga disediakan monitor yang memungkinkan orang lain dapat melihat jumlah nilai kita dari detik ke detik selma ujian,jadi misalnya anda mau ujian berbasis CAT nanti usahakan nilainya bagus karena bakal diliat semua orang bersamaan dengan peringkatnya,kan malu kalo tau nama kita ada di posisi buncit,Hahahaha.

Setelah ujian selesai,yang nilainya memenuhi disuruh agar menemui panitia dan panitia memberikan pengarahan agar datang besok pagi jam 07.00,untuk mengikuti ujian tahap selanjutnya yaitu TKA.

TKA(Test Kompetensi Akademik)
TKA adalah Test Kompetensi Akademik yang materinya disusun oleh STMKG,Test Kompetensi Akademi terdiri dari Matematika,Fisika,dan Bahasa Inggris.Saya berada di lokasi pukul 06.30,kok bisa cepat kali?ya iyalah,orang saya menginap(numpang) di Wisma BKN,untung diperbolehkan menginap di Wisma kalo tidak mau kemana lagi saya,kebetulan saya tidak memiliki keluarga di Pekanbaru.Oke lanjut ke TKA,ujian TKA juga memakai Basis CAT,dan hasil kerja kita masih di monitor secara umum dan dapat dilihar semua orang.

Jujur pas waktu TKA saya cuma fokus ke soal Bahasa Inggris,karna Matematika dan Fisikanya susah-susah -_-,perlu di ketahui juga kalo mau lulus TKA tidak boleh nilai Fisika atau Matematika nya 0(nol)jadi misalnya anda lulus dengan nilai tinggi tapi Fisika atau Matemtikan jeblok(Nol) anda otomatis tidak akan lulus.Disnilah hal yang sangat miris terjadi pada saya,setelah saya selesai melaksanakan ujian saya memperoleh nilai yaitu: Matemtika:35 Fisika:20 dan B.Ing:65 dengan total score 120 saya tidak tahu apakah saya lulus atau tidak,kemudian saya melihat score peserta kira dan kanan saya,ternyata nilai mereka lebih rendah yang satu 90 dan yang satu lagi 100,kemudian semua peserta diarahkan keluar,waktu saya mau keluar saya melihat ada komputer dengan nilai 125 dan adajuga yang 130 saya jadi harap-harap cemas,karena semua akan di rangking berdasarkan 15 besar nilai tertinggi untuk mengikuti wawanacara dan tes kesehatan,dengan catatan tidak ada nilai nol(untung saya tidak ada).

BACA JUGA :  BAGAIMANA RASANYA BERKULIAH di PKN STAN? KULIAH RASA SMA

Jadi untuk mengetahui siapa yang masuk 15 besar,kami(peserta)harus melihat monitor di lobby,saya turu dari lantai 2 menuju ke lobby dengan harap-harap cemas,ternyata di lobby sudah banyak para orangtua peserta atau saudara yang sudah melihat hasilnya,dan setelah saya lihat saya hanya menempati posisi 17 dengan nilai 120 Drop brooh -_-,ternyata peringkat 16nya juga mendapat nilai 120,terus saya lihat lagi peringkat 15 dengan nilai 125 makin dropp dan kecewa,cuma perkara 5 poin,saya harus gagal -_-,perlu diketahui 5 poin itu sama dengan 1 soal,kurang miris apa cobaa -_-,ya mungkin belum rezeki,tapi kenapa harus semiris itu -_-.Akhirnya perjalanan saya untuk menjadi CATAR STMKG berkahir disini.

Wawancara
Saya lanjut ya nanggung sampe semua test selesai,saya dengar sih 15 peserta ini akan mengikuti test wawancara keesokan hari nya di kantor BMKG cabang Pekanbaru,ya merka disuruh memakai pakaian rapi bla bla bla.

Test Kesehatan
Trus kalo test kesehatan kalo gak salah dilakukan secara individu atau mandiri(bayar sendiri)ke Rumah Sakit Negara terdekat,dan panitian STMKG memberikan kertas yang berisi chek kesehatan apa saja yang harus dilakukan,kemudian diserahkan ke panitia kalo gak salah ya.Sampe pada pengumuman akhir pada tanggal 30 Oktober,ternyata mereka masih ada yang lebih miris dari saya yaitu ada 7 orang yang dinyatakan gagal,dan yang lulus cuma 8 orang dari Pekanbaru.
Saya dengar banyak yang kalah karena

  1. Buta warna ataupun rabun jauh
  2. Paru-paru bermasalah,silahkan lihat Cara Membersihkan Paru-Paru Bermasalah
  3. Test jantung atau EKG,apa itu EKG? silahkan baca di Test Kesehatan EKG
  4. Ada juga yang bermasalah pada tinggi badan,katanya minimal 163-165,silahkan baca Menambah Tinggi Badan Dalam Beberapa Hari

Jika ada pertanyaan Komen aja,semoga saya bisa membantu
Untuk Informasi Sekolah Kedinasan Lainnya seperti STAN silahkan kunjungi KuliahGratisIndonesia

Previous Post

No more post

You May Also Like

68 Comments

  1. bang saya mau tanya nih. setelah ane login bakal disuruh ngisi data-data seperti nilai raport Matematika,Fisika,B.Inggris semester 4 – 6 .nah ane kan baru UN nih. jadi nilai raport yg semester 6 blum keluar bang. trus gmna? dilewatin ga usah diisi apa gmna bang?

  2. Salam kenal Kak, saya Rina dari Malang
    Kak, mau tanya angkatan sma yg dimaksud waktu pengisian formulir pendaftaran pbt stmkg itu gimana kak?
    Itu dipilih tahun masuk sma apa tahun lulus?
    Terimakasih ๐Ÿ˜€

  3. bang, saya kan ingin tes stmkg taun ini.. nah pada saat tes, kita diharuskan menggunakan pakaian apa ya? trims

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *