Apa itu Kesamaptaan

Zona Kuliah | Apa itu Kesamaptaan? kita tentu sering mendengar kata itu saat mau mengikuti tes maupun hanya sekedar ingin tau.

Kesamaptaan merupakan salah satu tahapan seleksi untuk bergabung dengan suatu instansi. Istilah ini sering kita dengar saat akan mengikuti tes atau hanya ingin mengetahui informasinya.

BACA JUGA : Panduan Beasiswa BPI Kemendikbudristek 2023 : Persyaratan dan Cara Daftarnya!

Dalam artikel ini, kami akan memberikan sejumlah informasi mengenai kesamaptaan secara lengkap dan jelas.

Apa itu Kesemaptaan ?

Kesamaptaan merujuk pada kondisi kesiapan fisik atau kesiapan dalam menjalani tugas. Dalam tahapan seleksi, kesamaptaan diuji melalui beberapa aspek, antara lain:

Lari 12 Menit

Tes lari selama 12 menit digunakan untuk menguji daya tahan otot dan fungsi kardiorespirasi (termasuk daya tahan jantung, pernapasan, dan sirkulasi darah).

Tes lari selama 12 menit biasanya merupakan bagian dari seleksi kesamaptaan yang dilakukan oleh instansi terkait bekerja sama dengan TNI atau Polisi. Tes ini sering dilakukan di stadion atau di Batalyon.

Pada saat tes, peserta akan diberikan nomor punggung atau tanda pengenal. Panitia akan berada di pinggir lapangan dan menandai setiap putaran yang dicapai peserta.

Timer besar akan ditampilkan di sekitar lintasan dengan durasi 12 menit. Setelah waktu habis, peserta diwajibkan meletakkan nomor punggung mereka di pinggir lapangan sesuai dengan posisi mereka pada saat waktu habis.

  • Standar Lari Selama 12 Menit untuk Laki-Laki: 6-7 putaran lapangan sepak bola
  • Standar Lari Selama 12 Menit untuk Perempuan: 5 putaran lapangan sepak bola

BACA JUGA : Panduan Lengkap Bidik Misi Dikti 2023 : Cara pendaftaran, Syarat dan Tips Mendapatkan Beasiswa!

Push Up

Push up digunakan untuk menguji daya tahan lengan bagian luar. Tes ini akan dilakukan di bawah pengawasan panitia, biasanya oleh TNI/Polri, dan jumlah push up yang dilakukan akan dihitung. Satu kali push up dihitung saat tubuh turun tanpa menyentuh tanah dan saat tangan kembali lurus saat naik.

  • Standar Push Up untuk Laki-Laki: 35-40 kali
  • Standar Push Up untuk Perempuan: 30-35 kali
  • Waktu yang diberikan biasanya 1 menit.

BACA JUGA : Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember

Sit Up

Sit up melibatkan gerakan duduk dan bangkit. Tes ini bertujuan untuk menguji daya tahan dan fleksibilitas otot perut.

  • Standar Sit Up untuk Laki-Laki: 35-40 kali
  • Standar Sit Up untuk Perempuan: 30 kali
  • Waktu yang diberikan biasanya 1 menit.

BACA JUGA : Apa itu TKD(Test Kompetensi Dasar)

Pull Up dan Chining

Pull up dilakukan untuk menguji kekuatan otot lengan. Gerakan pull up dilakukan dengan cara bergantung pada tiang horizontal dan menarik tubuh ke atas hingga dagu melewati tiang tersebut, lalu turun kembali hingga tangan lurus.

Standar Pull Up untuk Laki-Laki: 10 kali

Chining melibatkan gerakan berdiri di depan tiang horizontal dengan kaki tetap menginjak tanah, kemudian menarik tubuh ke depan dan kembalike belakang.

Setidaknya lakukan gerakan ini sebanyak 40 kali dengan gerakan yang sempurna. Lebih baik melakukannya sedikit demi sedikit dengan gerakan yang sempurna daripada banyak tetapi gerakan tidak sempurna.

BACA JUGA : Apa Itu CAT(Computer Assisted Test)

Shuttle Run 

Shuttle run melibatkan lari membentuk angka 8. Pada tes ini, peserta diminta untuk berlari dengan kecepatan penuh (sprint) melewati dua patok besi yang berjarak sekitar 10 meter dengan titik awal di sebelah kanan patok belakang.

Setelah aba-aba start atau peluit, peserta berlari dari titik awal ke sebelah kiri patok depan, memutarinya sampai berada di sebelah kanan patok depan, lalu kembali berlari ke patok belakang di sebelah kiri, memutari patok tersebut sampai berada di sebelah kanan patok belakang.

Lari membentuk angka 8 ini dilakukan sebanyak 3 putaran, dan waktu tercepat dicatat. Ingatlah bahwa tes ini harus dilakukan dengan kecepatan penuh agar mendapatkan skor yang baik.

Tes ini bertujuan untuk mengukur akselerasi dan kelincahan setiap peserta. Usahakan untuk menyelesaikan tes ini dalam waktu tidak lebih dari 20 detik.

BACA JUGA : Pengalaman Masuk STMKG Pada Tahun 2015-2016

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai Kesamaptaan, semoga artikel ini bermanfaat buat teman teman semua yang sedang mencari informasi dan mau tes kesamptaan. semoga ter lancar dan apabila ada komentar dan saran bisa dibawah ini maupun melalui informasi kontak kami ya. terimakasih

You May Also Like

1 Comment

Comments are closed.