LENGKAP !!! Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli dan Penjelasanya

Zonakuliah.com - Secara umum, manajemen adalah suatu proses di mana seseorang dapat mengatur segala sesuatu yang dikerjakan oleh individu atau kelompok. 

Manajemen perlu dilakukan guna mencapai tujuan atau target dari individu ataupun kelompok tersebut secara kooperatif menggunakan sumber daya yang tersedia.


Pengertian Manajemen


Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli dan Penjelasanya www.zonakuliah.com

Manajemen berasal dari bahasa Perancis yaitu ‘menegement’ yang berarti seni untuk mengatur atau mengelola sesuatu. Dalam bahasa Inggris, kata ‘manage’ berarti mengendalikan atau mengelola.

Secara umum, manajemen dikenal sebagai sebuah proses yang mengatur kegiatan atau perilaku sehingga menimbulkan efek yang baik.

Secara etimologi, definisi manajemen adalah sebuah seni mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan utama sebuah organisasi atau bisnis melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan, dan pengawasan sumber daya dengan cara yang efektif dan efisien.


Ciri-Ciri Manajemen


Manajemen mempunyai ciri – ciri dalam kegiatannya, antara lain:

1. Manajemen digunakan terhadap usaha –usaha kelompok, bukan usaha individu (perseorangan) tertentu.

2. Tujuan merupakan sasaran menajemen dan manajemen berusaha untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

3. Dalam mencapai tujuan terdapat penyatuan pikiran, perasaan, kemauan, tenaga, bahan, alat, dan ruangan.

4. Manajemen ialah suatu hal yang dapat dipelajari

5. Pencapaian tujuan dilakukan secara sistematis, terpadu, terkontrol, dan konsisten.

6. Dalam manajemen, ada pembagian kerja secara jelas dan tegas.


Fungsi Manajemen


Manajemen adalah sebuah proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Dari definisi inilah yang kemudian dikenal dengan fungsi manajemen.


Tujuan Manajemen


Tujuan utama manajemen adalah untuk mengamankan hasil maksimum dengan upaya & sumber daya minimum. Manajemen pada dasarnya berkaitan dengan berpikir & memanfaatkan sumber daya manusia, material & keuangan sedemikian rupa sehingga akan menghasilkan kombinasi terbaik.


Manfaat Manajemen


  1. Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, baik secara pribadi maupun organisasi.
  2. Membantu keseimbangan di antara tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.
  3. Adanya manajemen, berguna untuk mencapai efisiensi dan efektivitas serta menjaga keseimbangan dari berbagai tujuan.Membantu kita membuat strategi yang lebih baik dengan menggunakan pendekatan yang lebih sistematis, logis, rasional pada pilihan strategis. 


Menurut Para Ahli


setelah kita mengetahui pengertian, ciri ciri, tujuan dan manfaat manajemen secara umum, selanjutnya kita memasuki pengertian menurut para ahli dan penjelasan lengkapnya sibawah ini.


1. Koontz dan Cyril O'donnel

Manajemen sedang berusaha untuk mencpai atau menggapai tujuan tertentu dengan melalui kegiatan atau usaha orang lain.


2. R. Terry

Manajemen merupakan suatu proses yang unik dan khas yang terdiri dari tindakan - tindakan perencanaan, peng - organisasian san penggerakan dan pengendalian yang di lakukan untuk menentukan arah dan mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya melalui pemanfaatan SDM dan sumber dya lainnya.


3. hukum A.Appley

Manajemen menjadi seni untu emncapai tujuan yang ditentukan oleh orang lain atau dari usaha orang lain.


4. Drs. Oey Liang Lee

Manajemen ilmu dan seni perencanaan, peng - organisasian, pengarahan dan pengawasan terhadap SDM untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditentukan.


5. James AF Stoner

Manajemen merupakan suatu proses perencanaan, peng - organisasian, kepemimpinan dan pengendalian upaya dari anggota organisasi tersebut dan penggunaan Sumber Daya yang tersedia di organisasi tersebut untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi sebelumnya.


6. Mary Parker Follet

Manajemen yang ada, itu karena untuk menyelesaikannya atau pekerjaan yang dilakukan oleh orang lain dan membutuhkan tertentu.


7. Hilman

Manajemen berfungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui usaha dan usaha - usaha setiap individu untuk mencapai tujuan yang sama.


8. Ensiklopedia Ilmu Sosial:

Manajemen merupakan suatu proses pelaksanaan untuk mencapai tujuan tertentu yang diselenggarakan dan diawasi.


9. G. R Terry

Manajemen yang merupakan suatu proses atau proses yang membutuhkan pengarahan dan bimbingan suatu kelompok orang untuk mencapai tujuan organisasi yang nyata.


10. Ricky W. Griffin

Manajemen merupakan proses perencanaan atau perencanaan, peng - organisasian, pengkoordinasisasian dan pengontrolan setiap sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan atau tujuan yang sudh ditentukan dengan efektif dan efisien. Efektifnya tujuan bisa dicapai dengan benar dan terorganisasi yang sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.


11. Henry Fayol

Manajemen adalah ilmu yang mengandung ide atau gagasan yang didalamnya ada lima fungsi utama, buat, mengorganisasi, mengendalikan dan mengoordinasasi.


12. Chaster I Bernard

Manajemen ilmu dan seni.


13. Federick Winslow Taylor

Manajemen sebuah eksperimen yang dilakukan dengan sungguh - sungguh untuk menghadapi setiap masalah yang muncul dalam setiap organisasi atau sama - sama sistem kerja sama yang dilakukan setiap manusia dengan sikap dan jiwa seorang sarjana dan penggunaan alat - alat perumusan.


14. Lyndak F. Urwick

Manajemen atau peramalan, perencanaan, pengoganisiran atau perencanaan oraturan, komando atau perintah, koordinasi atau pengkoordinasian dan pengendalian atau pengontrolan.


15. Prof. Eiji Ogawa

Perencanaan, pengimplementasian dan pengendalian dari setiap kegiatan termasuk dalam pembuatan barang yang dilakukan oleh setiap organisasi usaha dengan sebelumnyasudah menentukan setiap tujuan atau sasaran untuk kerja yang disempurnakan sesuai dengan kondisi atau fleksibel.


16. Dr. Ahuja

Manajemen adalah pihak - pihak yang menawarkan atau menyediakan jasa untuk budang yang berhubungan dengan Manajemen.


17. Renville Siagian

Manajemen yang salah satu bidang usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan yang di kelola oleh tenaga ahli yang sudah terlatih dan berpengalaman.


18. Dr. Bannett NB Silalahi, MA

Manajemen diri yang terbentuk dari aspe sosial eksak bukan tanggung jawab keselamatan dan kesehatan kerja baik dan sari sisi perencanaan.


19. William H. Newman

Manajemen adalah fungsi saling berhubungan untuk mencapai hasil tertentu melalui orang lain.


20. Drs. Oey

Perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengontrolan.


Demikian Mengenai materi Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli dan Penjelasanya, semoga bermanfaat untuk teman teman semua.

Belum ada Komentar untuk "LENGKAP !!! Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli dan Penjelasanya "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel