Apa Itu Jurusan Penilai STAN

Apa Itu Jurusan Penilai STAN | Jurusan Penilai Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) adalah salah satu program pendidikan tinggi yang terkait dengan bidang keuangan, akuntansi, dan penilaian.

Program ini bertujuan untuk melahirkan tenaga ahli yang mampu melakukan penilaian secara profesional dan akurat terhadap aset, keuangan, dan proses bisnis.

BACA JUGA : Apa itu Psikotes

Penilai(Pajak Bumi Bangunan)

Penilai properti, atau yang sering disebut PBB, adalah mereka yang terlibat dalam penilaian properti dan Pajak Bumi Bangunan.

Mereka memiliki pengetahuan mendalam tentang materi kuliah dan pekerjaan yang berkaitan dengan penilaian properti dan Pajak Bumi Bangunan.

BACA JUGA : Apa Itu Jurusan Perpajakan STAN

Pengertian

Dalam konteks ini, penilaian dapat diartikan sebagai proses di mana seorang penilai memberikan pendapat tertulis mengenai nilai ekonomi suatu properti pada suatu waktu tertentu. Properti yang dinilai meliputi rumah tinggal, kantor, toko, apartemen, dan lain sebagainya.

BACA JUGA : Apa itu Jurusan Bea dan Cukai STAN

Program Studi

Jurusan ini dapat dianggap sebagai jurusan teknik versi STAN yang sangat cocok bagi mereka yang memiliki minat dalam Fisika dan Matematika.

Secara teoritis, penilaian properti melibatkan penerapan prinsip-prinsip ekonomi pada properti yang dinilai, sehingga keterampilan dalam matematika dan fisika sangat berguna dalam menjalankan tugas ini.

BACA JUGA : Apa Itu Jurusan Perpajakan STAN

Lulusan

Lulusan program studi penilai properti memiliki peluang untuk bekerja di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) atau DJKN. Namun, beberapa di antara mereka juga dapat ditempatkan di kantor pajak daerah.

Seiring dengan pemberian kewenangan pengelolaan Pajak Bumi Bangunan kepada daerah, sekarang sudah lebih banyak kesempatan bagi lulusan ini untuk bekerja di pusat atau di daerah.

Yang terpenting, lulusan ini dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi negara.

BACA JUGA : Cara Membuat Surat Keterangan Tanda Miskin (SKTM) Terbaru 2023

Kesimpulan

Jurusan Penilai STAN menawarkan peluang yang menarik bagi mereka yang tertarik dalam dunia penilaian properti dan aset.

Dengan program studi yang komprehensif dan kualitas pendidikan yang baik, Anda akan siap untuk menghadapi tantangan dalam karier sebagai penilai properti yang sukses.

Memilih jurusan ini adalah langkah awal yang baik menuju masa depan yang cerah dalam industri penilaian properti.

You May Also Like