Tips Menghadapi Tes Psikotes

and
Pixabay

Psikotes merupakan akan menjadi hal baru bagi teman-teman yang baru tamat SMA karena sangat jarang di temukan atau diperkenalkan ketika masa-masa SMA atau sebelumnya.Psikotes sering digunakan untuk menguji kecerdasan emosi, kedewasaan atau kematangan cara berpikir seseorang atau melihaat karakteristik pribadi, psikotes sebenarnya bukanlah ujian atau tes yang sulit bahkan terkesan mudah, kita hanya sedang diuji atau dibaca kecerdasan emosinya, jadi gak usah deh banyak-banyak hapal sana hapal sini yang terpenting di Psikotes adalah ketenangan dan pemahaman.Berikut ini saya akan beri bebrapa tips dalam mengerjakan tes Psikotes

Tutup Buku Istirahat Yang Cukup
Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya tes Psikotes adalah tentang kecerdasan emosi seseorang, jadi lo gak usah banyak-banyak hapal, yang terpenting itu cukup tidur itu adalah poin utama, karena tidur sangat berpengaruh terhadap emosi kita dalam mengambil keputusan.Ketika kita kekurangan tidur atau istirahat maka tingkat konsentrasi kita akan menurun sementara tes Psikotes membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi, mengingat soal yang akan dikerjakan sangat banyak dan bervariasi dibarengi dengan tekanan waktu yang sangat singkat.Jadi kalo besoknya lo mau ujian Psikotes mendingan malamnya lo jangan tidur di atas jam 12, jam 12 harus sudah tidur dengan pulas, karena kalo sudah jam 12 kebawah biasanya akan susuah tidur apalagi kebayang atau cemas kala mau mengahadpi ujian esok harinya.

Bawa Air Minum dan Sepotong Roti
Ujian Psikotes biasanya dilaksanakan pagi hari, pastikan kamu sudah sarapan dengan baik tidak usah makan yang berat-berat makanan standar saja seperti telor mata sapi, tahu, tempe, ikan dll.Pastikan kamu sudah menyiapkan air mineral saat mau berangkat ke lokasi ujian karena nanti bakal kehausan deh sumpah, bukan cuma haus pasti menguap dan rasa kantuk dan jenuh pasti akan muncul itu sebenarnya ciri-ciri tubuh kita mulai kehilangan energi(sok tau mimin :D) jadi ada baiknya sediain aja deh air putih sama roti buat ganjel perut, makan disela-sela waktu istirahat.Ingat yang dibawa air putih tidak usah yang lain-lain gak usah neko-neko.

BACA JUGA :  Peraturan Menteri Keuangan Mengenai Status Ikatan Dinas STAN

Jauh-Jauh Hari Pahami Pola-pola Soal Psikotes
Ingat ya guys yang saya bilang PAHAMI bukan hapal kedua kata sangat beda tipis di kalangan siswa, kalo kita memahami pasti 1 sampe 2 tahun masih ingat tentang apa yang kita pelajari sedangkan menghapal paling mentok selesai ujian udah lupa semua, terkadang pas lai ujian malah gadak yang ingat sama sekali.Pahami setiap variasi soalnya seperti tes menggambar pohon apa saja yang dilarang ketika menggambar pohon, tes pauli pahami bagaimana cara kerjanya atapun tes Edwarsd Personal Preferences Schedule.Jadi 1 minggu atau minimal 3 hari sebelum ujian Psikotes mendingan mulai kepoin tentang si Psikotes ini, bagaimana saja bentuk soalnya bagaimana cara pengerjaannya atau apa saja yang tidak boleh dilakukan pada tes terebut, pokoknya harus cari tau habis.

Jangan Terlalu Polos dalam Mengrjakan Wartegg Tes
Udah pada tau dong apa itu tes Wartegg, kalo yang delum tau mendingan cari saja di Web ini artikel yang berjudul “Apa Itu Psikotes”.Dalam tes Warteg kreatifitas,emosi dan intelektual kita sangat diuji apa yang kita gambar merupakan cerminan intelektual kreatifitas dan wawasan kita, disni saya melihat sangat benyak teman-teman yang memiliki gambar yang sama pada saat ujian Psikotes, saya kasih tahu sedikt tentang ujian Warteg, nanti ketika menhagahadapi ujian ini lo bakal dikasih kertas yang berisi goresan dalam bentuk acak misalnya garis melengkung, dari garis melengkung tersebut kita diminta untuk melanjutkannya agar menjadi sebuaha gambar yang utuh, kalo misalnya garis melengkung bisa dilanjutkan jadi bola ataupun jam inilah yang saya maksud jangan terlalu polos karena kebanyakan orang bakal menggambar jam bola ataupun benda berberntuk bulat lainnya, ada baiknya kamu mulai berpikir kreatif dan anti mainstream dan kalo bisa tetap dalam topik.

BACA JUGA :  Ujian Masuk PTKIN Pakai Sistem Minus atau Tidak

Setiap Goresan Pensilmu Mencerminkan Kestabilan Emosimu
Ini juga masih dalam pokok bahasan tes menggambar, nanti kalo pas tes Psikotes pasti bakal disuruh bawa pensil HB, dan kita disuruh mmenggunakan hanya tipe itu tidak boleh yang lain seperti 2B dll.Setiap goresan mu menggambarkan kestabilan dan ketenangan emosimu, jangan kadang-kadang kamu terlalu menekan pensil dengan keras sehingga menimbulkan garis yang sangat tajam kemudian tiba-tiba berubah goresannya berubah menjadi goresan yang sangat tipis, tapi jika itu memang dalam tempatnya tidak apa-apa.Satu lagi jangan terlalu banyak menghapus dan menghapus tidak sempurna atau meninggalkan bekas itu sangat-sangat berpengaruh terhadap kelulusan mu.

Maksimalkan Waktu Semaksimal Mungkin
Ini memang akan terdengar sedikit kurang baik, tetapi ini adalah kompetisi siapa yang pandai memanfaatkan situasi dia yang menang, yang saya maksud kirang baik adalah ketika tes Psikotes narator(pemebri petunjuk) akan memberi tata cara bagaimana cara pengerjaan soal yang di berikan biasanya memakan waktu kurang lebih 2-4 menit, diwaktu itu sebenarnya kamu bisa memulai sendiri menjawab soal yang telah di berikan itupun jika kamu sudah memahami cara pengerjaan soalnya, oleh sebab itu lebih baik pahamilah soalnya jauh-jauh waktu.

Jika Tidak Dikatakan Berarti Sah
Nah dalam hal ini juga sangat banyak yang terjebak apalagi di tes Intelejensi ketika narator mulai mengatakan semua peraturannya bla bla bla dan kamu tidak mendengar atapun diucapkan bahwa untuk setiap jawaban yang salah akan diberi nilai minus maka lebih baik jawab semua, karna akan sangat banyak peserta yang bakalan bertanya apakah memakai sistem minus atau tidak dan ada yang lebih mencari aman dengan menjawab soal yang dia ketahui saja jawabnanya tanpa berani mengambil resiko nilai minus.Dengar jika tidak dikatakan berarti itu diperbolehkan.

BACA JUGA :  Surat Ijin Orang Tua

Janga Nyontek
Sebodoh-bodoh apapun kamu saya yakin pasti kamu bisa mengerjakan soal Psikotes dan kalo lu masi nyontek saya bilang itu hanya akan menghabis-habiskan waktumu yang sangat singkat, untuk menoleh saja sudah membutuhkan beberapa detik bahakan menit.

Usahakan Nilai mu Stabil Setiap Sesi Soalnya
Disini juga bakalan ada penilaian setiap soalnya kalo bisa nilainya dari rendah ketinggi jangan dari tinggi ke rendah atupun rendah tinggi rendah tinggi 😀

Tips Karakteristik Pribadi
Untuk soal ini kesabaran mu dalam membaca hal yang sama akan diuji karena akan sangat banyak soal-sola yang bakal di ulang, soal sebenarnya gak susah solanya cuma penggambaran suatu keadaan dan kamu disuruh memilih dianatara 2 pilihan mana yang akan kamu lakuakan ketika mengahadapi situasi tersebut, disini saya sarankan kamu tetap konsisten terhadap jawabanmu dan sesuaikan jawabanmu yang satu dengan yang lainnya agar tetap berhubungan jangan seperti misalnya “saya lebih suka sate” nah tiba-tiba di soal lain “saya lebih suka soto” disini bakal dilihat konsistensi mu dan apakah kamu seorang yang plin plan atau tidak.

Hahhh capek nih ngetiknya,hahahaha makasih yaa jangan lupa mampir balek 😀
KuliahGratisIndonesia

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *