Ujian Masuk PTKIN Pakai Sistem Minus atau Tidak

JUngle

UM PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keislamaan Negeri merupakan seleksi masuk Perguruan Tinggi yang diselanggarakan oleh Kementrian Agama dengan khusus untuk Perguruan Tinggi Islam Negeri di Indonesia.

Fakultas atau Prodi yang dibuka juga disesuaikan dengan keagamaan misalnya seperti Perbankan Syariah,Akutansi Syariah,Ekonomi Syariah tapi ada juga Perguruan Tinggi yang membuka yang bukan keagamaan seperti Informatika,Perencanaan Wilayah dan Kota,Ilmu Komputer kalo mau lengkap silahkan dilihat di website UMPTKIN.

Kali ini saya akan membahas apakah diberlakukan sistem minus pada soal yang salah pada saat menjawab soal.Jika merujuk kepada Petunjuk Umum yang ada di soal, disana tidak tercantum sama sekali bahwa diberlakukannya minus pada soal yang salah,berikut ada isi Petunjuk Umum yang ada di semua soal UMPTKIN:

PETUNJUK UMUM
1. Sebelum mengerjakan soal, Anda diminta untuk meneliti kelengkapan nomor dalam berkas soal ini.Tes Wawasan Keislaman terdiri dari 60 soal.

2. Bacalah dengan cermat setiap soal.

3. Pilihlah jawaban yang paling benar (A, B, C, atau D)

4. Tulislah jawaban Anda pada lembar jawaban ujian yang tersedia sesuai dengan petunjuk yang
diberikan!

5. Anda dapat menggunakan bagian yang kosong dalam berkas soal untuk keperluan mencoret-coret.Jangan menggunakan lembar jawaban ujian untuk keperluan mencoret-coret.

6. Selama ujian berlangsung, Anda tidak diperkenankan menggunakan alat hitung dan alat komunikasi
dalam segala bentuk.

7. Selama ujian berlangsung, Anda tidak diperkenankan untuk bertanya atau meminta penjelasan kepada siapapun tentang soal-soal ujian termasuk kepada pengawas ujian.

8. Selama ujian berlangsung, Anda tidak diperkenankan keluar-masuk ruang ujian.

9. Waktu ujian yang disediakan 60 menit.

10. Harap diperhatikan agar lembar jawaban ujian tidak kotor, tidak terlipat, tidak basah dan tidak robek.

11. Setelah ujian selesai, Anda diminta tetap duduk sampai pengawas selesai mengumpulkan lembar jawaban ujian. Anda dipersilahkan keluar ruangan setelah mendapat isy

arat dari pengawas ujian untuk meninggalkan ruang.

12. Penilaian didasarkan atas perolehan skor pada setiap bidang ilmu. Oleh sebab itu, Anda jangan hanya menekankan pada bidang ilmu tertentu (tidak ada bidang ilmu yang diabaikan)

BACA JUGA :  Peraturan Menteri Keuangan Mengenai Status Ikatan Dinas STAN

Dari poin 1 sampai dengan 12 tidak ada satupun yang mengisyaratkan berlakunya minus untuk soal yang salah,tetapi ada juga yang mengatakan sebelum ujian di lakukan ada instruksi dari panitia bahwa setiap soal yang benar di beri nilai: 4 dan sedangkan salah: -1.

Ini memang cukup membingungkan peserta,karena biasanya jika ada sistem skor minus untuk soal yang salah maka ini akan dimuat di Halaman Petunjuk Umum, seperti halnya pada SBMPTN dijelaskan bahwa disana ada peraturan yang mencakup sistem penilaiannya.Bukan hanya SBMPTN, Ujian Seleksi masuk Perguruan Tinggi lainnya juga melampirkan peraturan sistem minus pada halaman depan soal jika diberlakukan.

Tidak sedikit orang berpendapat lebih baik mengisi semua jawaban tanpa memperdulikan skor minus,karena tidak dimuat di dalam Petunjuk Umum,bagamanpun juga Petunjuk Umum adalah peraturannya jadi tinggal ngikut aja,jawab semua aja Hahahaha. 

You May Also Like

5 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *