Tips Mengerjakan Soal Deret Angka dan Huruf

kgisHampir semua seleksi untuk masuk ke Perguruan Tinggi selalu memiliki soal deret baik dalam bentuk angka maupun bentuk huruf, banyak orang yang beranggapan mengerjakan soal deret akan memakan banyak waktu dan terkadang jawabannya gak ketemu atau gak dapat jadi cuma ngabis-ngabisin waktu, dalam setiap ujian jumlah soal deret rata-rata dari 5 sampe 10 soal jadi sayang kalo gak di jawab.Khususnya untuk Perguruan Tinggi Kedinasan seperti PKN STAN, sangat disayangkan jika tidak menjawab soal deret karna sama saja membuang nilai, kali ini saya akan bagikan beberapa tips mengerjakan Soal Deret Angka dan Huruf.

Pahami Deret Fibonaci
Ini merupakan tipe deret favorit saya karna sangat simpel dan mudah dipahami, tapi kalo buat yang belum tau gimana pola deret ini pasti akan sangat kebingungan.Deret Fibonaci sering juga digunakan untuk menyimpan rahasia dimasa dulu.
1,2,3,5,8,13,21,34 ini merupakan contoh deret Fibonaci, dari contoh ini ada yang udah tau pola deretnya gak? ya polanya cukup simpel yaitu dengan cara menjumlahkan angka depan dan belakang 1+2=3,2+3=5,3+5=8, dan 13 juga hasil dari penjumlahan 5 dan 8, gimana uda paham kan paham dong.

Genap,Ganjil,Prima
Kayaknya kalo deret yang ini tidak usah dijelaskan pasti sudah paham kan,genap ya 2,4,6,8,10,12 sedangkan ganjil ya lawannya genap 1,3,5,7,9,11 dan seterusnya untuk bilangan prima adalah bilangan yang hanya bisa habis di bagi angka itu sendiri seperti 13 hanya bisa dibagi 13, contoh deret Prima 1,3,5,7,11,13,17 dan seterusnya.

BACA JUGA :  Contoh Soal Tes STTD

Lihat Bentuk Opsi Jawaban
Misalnya jawaban dalam soal tersebut seperti x,x,x yaitu tiga karakter, langsung saja pisahkan juga angka yang ada di dalam soal menjadi 3 bagian terus temukan polanya, ini akan mempermudah menemukan jawabannya pertama temukan hubungan dari 3 angka pertama jika ada silahkan cocokan dengan 3 angka lainnya, tetapi jika tidak ada silahkan cari hubungan 3 angka pertama dengan 3 angka kedua pasti jumpa deh

Deret Aritmatika dan Geometri
Kalo buat ini saya gak akan menjelaskannya terlalu rinci karena ini sudah dipelajari di bangku sekolah tinggal buka buku lagi deh, jenis deret seperti ini juga gak terlalu sering muncul, tapi ada baiknya pahami saja dulu konsepnya.

Selama Itu Masuk Akal Lanjutkan
Yaa betul sekali Selama Itu Masuk akal Lanjutkan ketika mengerjakan soal deret pertama yang harus dilakukan adalah lihat hubungan angka pertama dengan kedua jika ada, coba lanjutkan apakah polanya masih bisa digunakan di angka-angka berikutnya jika bisa lanjutkan saja.

Jangan Buang-buang Waktu
Maksudnya jika sudah menemuka pola deret dari soal yang dikerjakan langsung saja temukan jawabannya dengan melihat angka paling ujungnya dan cari jawabanya dengan menyesuaikan terhadap polanya.Namun jika belum terlalu yakin, coba tes pola pada 3 angka pertama soal tersebut jika memungkinkan untuk dipakai langsung saja cari jawabannya.Misalnya 11,12,23,35,58 dari tiga angka pertama kita bisa langsung menyimpulkan bahwa itu adalah deret Fibonaci tanpa harus melanjutkan sampai ujung, jadi tinggal temukan jawabannya yaitu 35+58= 93, tips ini saya kasi biar gak buang banyak waktu

BACA JUGA :  Cara Membuat Surat Tanda Miskin

Tips dan Trik Deret Huruf
Untuk deret huruf untuk mempermudahnya pasti kita harus mengkonversi hurufnya kedalam bentuk angka, “lah lama dong bro masak harus ngitung ABCD kan ribet” memang betul akan sangat lama jika menggunakan cara ngitung ABCDEFGHIJKL…. disini saya akan memberi solusinya yaitu dengan cara mengingat EJOTY, EJOTY adalah angka kelipatan lima dari semua abjad, E merupakan angka ke lima J=10, 0=15, T=20, Y=25.Mengingat EJOTY akan memudahkan ketika ingin mengkonversi huruf ke angka, misalnya huruf L secara logika adalah sesudah huruf J, jadi hitung saja urutan ke berapa L setelah J, ya urutan 2 jadi tinggal tambah ke 10, jadi L=12.Trik ini digunakan agar teman-teman tidak perlu dan capek-capek menghitung dari abjad awal, misalnya untuk mengkonversikan huruf X tidak perlu harus menghitung dari huruf A sampai X, lebig baik mengingat EJOTY terus menghitungnya dari huruf terdekat, X adalah tepat sebelum Y jadi tanpa capek-capek ngitung dari A kita sudah bisa pastikan bahwa X=24.

Menulis Abjad dan Angkanya
Kalo mau yang mudah tulis aja di kertas burem pake ABCDEF…. terus di bawahnya kasi urutannya, jadi kalo mau mengkonversi tinggal liat yang di tulis tadi

You May Also Like

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *