Fakta Di Balik Ujian STIS

STIS

STIS sebagai salah satu Sekolah Kedinasan yang menjamin bangku PNS kepada alumninya memang sangat di gemari oleh semua orang khususnya siswa yang baru atau akan lulus dari SMA.

Sama halnya seperti pribahasa “Dimana ada gula disitu pasti ada semut” jadi dimana ada kesempatan pasti orang akan banyak menghampirinya tanpa memikirkan “resiko” dalam hal ini resikonya adalah kegagalan dan rasa kecewa karena gagal dalam ujian.

Berikut adalah fakta-fakta dalam Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru


Persaingan Yang Membeludak
Seperti yang saya katakan sebelumnya Dimana ada gula disitu pasti ada semut,dalam hal ini gula nya adalah STIS dan semutnya para siswa yang ignin mendaftar ke STIS.Seperti yang kita ketahui STIS tidak terlalu banyak menerima mahasiswa baru hanya sekitar 400-500 siswa setiap tahunnya dan di selenggarakan di semua provinsi di Indonesia dari Aceh hingga Papua kurang lebih ada 30-35 provinsi yang melaksanakan SPMB STIS,jadi jika dikira-kira bila setiap provinsinya ada 500 pendaftar maka total pendaftar seluruh Indonesia ada 15000 sementara yang diterima hanya sekitar 400-500 orang.15000 merupakan masih angka yang sangat sedikit di banding tahun-tahun sebelumnya yang pendaftarnya hampir 1000 orang setiap provinsi.

Biaya Pendaftaran Terlalu Mahal
Seperti kita ketahui biaya pendaftaran STIS adalah sebesar Rp 300.000(tiga ratus ribu rupiah) menurut saya ini tergolong mahal karena jika di bandingkan dengan biaya tes Sekolah Kedinasan lainnya STIS adalah yang paling mahal.Belum lagi biaya tambahan uang transportasi jika berasal dari luar daerah tempat pelaksanaan ujian.

BACA JUGA :  10 Universitas Terbaik di Indonesia


Ujian 3,5 Jam Non Stop
Waktu ujian STIS merupakan waktu yang termasuk longgar tetapi dengan ditiadakannya waktu istirahat peserta dituntun memiliki konsentrasi yang sangat tinggi untuk waktu yang begitu lama,saran saya sebaiknya anda membawa air putih untuk bekal biar otak tetap fresh.Untuk tahun sebelumnya ujian STIS terdiri dari 3 materi yaitu: Matematika,Bahasa Inggris dan Pengetahuan Umum.


Pengawas Mencatat Setiap Kecurangan
Setiap ruangan di diawasai 2-3 pengawas dengan jumlah peserta 20-30 orang,setiap kecurangan seperti melihat LJK orang lain(mencontek) akan di catat oleh pengawas tanpa menegurnya dan akan dikenakan sanksi dapat berupa pengurangan nilai.Contoh pelanggaran lainnya adalah membuka 2 materi ujian berbeda dalam satu waktu,misalnya pada saat sesi Bahasa Inggris seorang peserta membuka ujian Matematika karena belum selesai itu termasuk pelanggaran karena setiap materi memiliki sesi waktu nya masin-masing.

Minus untuk Jawaban Yang Salah
Setiap jawaban yang benar akan di berikan poin 4,tidak ada poin untuk soal yang tidak dijawab dan -1 untuk jawabam yang salah.Jadi hati-hati dalam menjawab soal karena akan di berikan sanksi poin -1,buat yang sering asal jawab lebih baik membuang kebiasaannya karena bisa berakibat fatal.


Tahapan Seleksi Yang Memeras Otak
Jika di total ada 3 tahapan tes tertulis yang sangat memeras otak,yaitu tes Tahap I:Matematika dan Bahasa Inggri,
Tes Tahap II: Psikotes tes psikotes juga merupakan tes yang sangat melelahkan karena banyak nya soal dan kira-kira ada 5 variasi soal harus dikerjakan dalam 1 waktu,untuk yang belum tau mengenai Psikotes di blog ini kita punya materi-materi Psikotes di cari aja.
Dan tes TKD,tes ini juga memakan banyak korban karena setiap materinya di kenakan standar nilai jika tidak memenuhi salah satunya maka akan gagal,yang belum tau tentan TKD kita juga punya artikelnya di blog ini

BACA JUGA :  Prospek Lulusan Hukum: Pekerjaan Hukum bukan hanya Advokat

Perlengakapan Wajib
Perlengkapan wajib yang harus dibawa antara lain KTPUM(Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk),KTP(SIM,tanda pengenal resmi yang berpasfoto) jika anda tidak membawa salah satu dari ini bisa saja anda tidak di perbolekan mengikuti ujian jadi pastika harus membawa kedua ini.Satu lagi pastikan photo pada KTPUM dan KTP(SIM,tanda pengenal) adalah wajah anda karena panitia tidak mentolerir hal tersebut,hal ini untuk menghindari kecurangan seperti menggunakan jasa “Joki” orang lain.


Alumni
Alumni merupakan salah satu ancaman besar bagi para pemula atau yang baru akan lulus SMA pada tahun dilaksanakannya ujian,karena kenbanyakan alumni yang gagal tahun sebelumnya masih ingin mencoba peruntungan lagi tahun ini,mengapa saya katakan ancaman karena mereka telah memiliki pengalaman ketika mengikuti ujian STIS dan materi-materinya juga telah mereka pahami,biasanya materi setipa tahunnya tidak jauh berbeda.


Mendaftar Segera Jangan Ditunda-tunda
Bagi yang memang memiliki tekad yang kuat untuk menikuti SPMB STIS sebaiknya segera melakukan proses pendaftaran karena semakin dekat hari akhir pendaftaran biasanya akan banyak masalah seperti Maintence,Website STIS Down ataupun masalah ketika proses pembayaran.

BACA JUGA :  Apa itu Jurusan Klimatologi STMKG?


Siapkan Mental Yang Kuat Untuk Gagal
Dalam suatu persaingan pasti akan ada yang gagal,semua itu hal yang biasa jika kecewa dan marah silahkan luapkan marah dan kecewa tapi jangan berlarut larut kita masih memiliki jalan yang panjang jangan biarkan dirimu terhenti di kegagalan pertamamu masih banyak kegagalan-kegagaln yang harus siap di hadapi.Saya pernah mengikuti ujian dan harus gagal di tahap Wawancara saya sangat kecewa karena itu adalah bagian akhir dari 8 tahapan tes tapi apa mau dikata Life must go on.

Saya akan memberikan penjelasan mengenai beberapa hal yang dapat membantu anda
1.Computer Assisted Test (CAT)
2.Test Kompetensi Dasar
3.Test Psikotes
4.Test Kesamaptaan
5.Apa Saja Yang Diperiksa di Test Kesehatan Sekolah Kedinasan

Oke sekian Informasi yang dapat saya bagi semoga membantu,saya tidak bermaksud menakut-nakuti agar anda mengurungkan niat anda untuk mendaftar ke STIS saya hanya ingin memberi Informasi yang mungkin dapat membantu anda.

Jika ada pertanyaan silahkan coret-coret di kolom komentar

You May Also Like

6 Comments

  1. aslamu alaikum wr wb..
    bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
    dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
    sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
    dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
    namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
    hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
    akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
    saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
    demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
    ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
    dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
    dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan K.H. Tambring Abdullah hidupnya kembali sukses,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
    dan melihat langsung hasilnya, `
    saya akhirnya bergabung dangan mengunjungi website di http://www.danainstan.xtgem.com semua petunjuk K.H. Tambring Abdullah saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
    alhamdulilah demi allah dan anak saya,
    akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
    semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
    kini saya kembali sukses terimaksih K.H. Tambring Abdullah saya tidak akan melupakan jasa aki.
    jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
    saya sudah buktikan demi allah silakan kunjungi website di http://www.danainstan.xtgem.com atau KLIK DISINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *