Jenjang Karir dan Gaji Polisi golongan Bintara

pangkat bintara polri

Polisi merupakan salah satu unsur pengaman negeri ini,polisi memiliki andil besar dalam menjaga keamanan masyarakat,dalam kewajibannya seorang polisi bertanggung jawab atas beberapa puluh orang di sekitarnya setiap seorang polisi.

Bukan hanya menjaga keamanan tapi juga menjaga nyawa seseorang dan mereka memiliki tanggung jawab yang sangat besar atas semua itu.
Tentu saja mereka(para polisi) memiliki jasa yang sangat besar untuk semua orang.

Menjadi polisi bukanlah tujuan untuk mencari materi karena jika anda ingin mencari materi apalagi melalui jalur Bintara itu adalah hal yang sulit jika hanya mengandalakan gaji dan tunjangan apalagi jika sudah memiliki anak dan beban materi lainnya.

Lain halnya jika anda memulai karir dari seorang perwira karena akan ada kemungkinan memperoleh karir dan gaji+tunjangan yang cukup bagus.

Sejatinya jika anda ingin menjadi seorang polisi,ini adalah masalah pengabdian kepada negara dengan sepenuh jiwa tanpa keraguan sedikit pun.

Ada dua cara utuk menjadi seorang Polisi,yaitu
1.Golongan Bintara(Pelaksana Utama)
2.Golongan Perwira(Manajerial)

Kali ini saya akan membahas mengenai Perjalanan Karir seorang Bintara Kepolisian.

Untuk menjadi seorang Bintara caranya hanya satu yaitu melalui Sekolah Polisi Negara yang membuka perekrutan setiap tahunnya dan terbuka untuk umum tapi dibatasi umurnya.

Perekrutan seorang polisi Bintara tidaklah mudah karena harus melewati tahapan-tahapan seleksi,seperti
1.Administrasi
2.Kesehatan tahap I dan II
3.Akademis
4.Kesamaptaan
5.Psikotes
6.Pantukhir

Semua test harus ini harus dilewati dengan persaingan dan proses penyeleksian yang sangat ketat.Bukan rahasia lagi jika sangat banyak orang yang berkeinginan untuk menjadi seorang Polisi.

Semua orang ingin menjadi polisi dengan berbagai alasan dari yang hanya untuk menjadi gengsi hingga yang ingin benar-benar megabdi kepada negara

Dalam kepolisian dilakukan sistem Hierarki yang mana pangkat yang lebih rendah harus mematuhi pangkat yang lebih tinggi.

Berikut adalah Jenjang perjalanan Karir seorang Bintara yang dimulai dari Sekolah Polisi Negara selama 7 bulan

1.Brigadir Polisi Dua(BRIPDA) selama 4 tahun
2.Brigadir Polisi Satu(BRIPTU) selama 4 tahun
3.BRIGADIR selama 4 tahun
4.Brigadir Polisi Kepala(BRIPKA) selama 5 tahun
5.Ajun Inspektur Dua(AIPDA) selama 2 tahun
6.Ajun Inspektur Satu(AIPTU)

Ajun Inspektur Satu merupakan puncak karir seorang Bintara.

Semua ini berlaku apabila polisi yang bersangkutan tidak melakukan hal-hal yang dapat di batalkannya dia naik pangkat seperti melanggar peraturan,berbuat kesalahan,kurang disiplin dan lain-lain.

Para polisi juga dapat naik pangkat dengan cepat apabila melakukan banyak prestasi sesuai kebijakan dan pertauran yang berlaku.

Golongan bintara memiliki ciri khas pada pangkatnya yang berwarna perak

Gaji polisi jika dibandingkan dengan resiko pekerjaannya tidak lah sebanding karena gaji Polisi yang tidak terlalu tinggi sedangkan resiko yang harus di tanggung hingga harus mempertaruhkan nyawa demi menjalankan tugas.

Sangat banyak terdengar seorang polisi yang harus meregang nyawa ketika menjalankan tuga dan keluarga harus merelakan kehilangan anggota keluarga mereka karena tugas negara.

Baru-baru ini saja banyaknya polisi dijadikan sebagai sasaran utama para terorist dan mereka melakukannya tanpa alasan.
Bukan hanya itu,pandangan miring masyarakat mengenai polisi yang sering memakan uang yang “haram” harus menjadi beban tersendiri.


Berikut adalah Daftar Gaji Polisi Golongan Bintara
1.Brigadir Polisi Dua(BRIPDA) Rp. 1.782.900 sampai 2.929.900
2.Brigadir Polisi Satu(BRIPTU) Rp. 1.838.700 sampai 3.021.500
3.Brigadir Polisi Rp. 1.896.200 samapai 3.116.000
4.Brigadir Polisi Kepala(BRIPKA) Rp. 1.995.400 sampai 3.213.000
5.Ajun Inspektur Dua(AIPDA) Rp. 2.016.600 sampai 3.313.800
6.Ajun Inspektur Satu(AIPTU) Rp. 2.079.600 samapai 3.417.400

Sedangkan untuk tunjangan yang diberikan oleh pemerintah

1.Tunjangan keluarga yang terdiri dari tunjangan istri atau suami yang dihitung 10% dari Gaji Pokok dan 2% untuk anak.

2.Tunjangan lain yang diberikan kepada seorang anggota polisi adalah tunjangan sandi, medis, Babinkamtibmas, tunjangan untuk Polwan sebesar Rp 50.000, tunjangan papua jika polisi ditugaskan di papua, tunjangan daerah jika polisi tersebut ditempatkan di daerah perbatasan dan diterapkan besaran sesuai dengan indeks daerah perbatasan

3.Tunjangan beras 18 kg per bulannya + tunjangan umum Rp 75.000

Sekian panjabaran Jenjang Karir dan Gaji Polisi golongan Bintara,mohon dikoreksi jika ada yang salah atau yang telah diperbarui.

You May Also Like