Apa Saja Jurusan di STIS

Zonakuliah.com | Pertimbangan jurusan yang akan diambil adalah langkah penting dalam perjalanan pendidikan seseorang. Memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat dapat membuka peluang karir yang menarik di masa depan.

Bagi calon mahasiswa yang tertarik dengan ilmu statistik, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) di Indonesia menawarkan berbagai jurusan yang relevan dengan bidang ini.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi apa saja jurusan di STIS dan memberikan informasi yang berguna bagi mereka yang ingin mengembangkan karir di bidang statistik.

Apa Itu STIS ?

STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik) merupakan sebuah perguruan tinggi di Indonesia yang fokus pada bidang ilmu statistika.

STIS telah dikenal sebagai salah satu institusi pendidikan yang unggul dalam bidang statistika dan ilmu terkait. Selain itu, STIS juga menawarkan berbagai jurusan lain yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa.

BACA JUGA : Apa Itu Jurusan Kebendaharaan Negara STAN

Jurusan Statistika Ekonomi

Statistika Ekonomi adalah salah satu dari dua jurusan Statistika yang ada di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik. Jurusan ini menyediakan pendidikan berkualitas dalam statistika terapan di bidang kependudukan dan ekonomi.

Misi

1.Menghasilkan ahli statistika terapan yang berkompeten di bidang ekonomi dan kependudukan
2.Mencari solusi setiap masalah dalam bidang sosila ekonomi pendudukan dalam bentuk statistika.
3.Memberikan statistik akurat mengenai sosial ekonomi kependudukan,seperti perkembangan harga-harga,neraca wilayah dan masih banyak lagi.

Program studi akan dilaksanakan dengan beban studi sebanyak 140-160 Sks

BACA JUGA :Apa Itu Jurusan Penilai STAN

Lulusan Satistika Ekonomi STIS

Lulusan spesialis Ekonomi dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) memiliki peluang untuk ditempatkan di Badan Pusat Statistik (BPS), baik di tingkat pusat maupun di daerah.

Mereka banyak bekerja di Badan Sensus di seluruh Indonesia, dengan tugas utama menganalisis aktivitas ekonomi, melakukan pendataan harga-harga domestik regional bruto, neraca wilayah, indikator ekonomi, dan sebagainya.

Dengan demikian, pekerjaan mereka berfokus pada pengumpulan data statistik yang berkaitan dengan ekonomi dan kependudukan.

BACA JUGA : Apa Itu Jurusan Perpajakan STAN

Jurusan Statistika Sosial dan Kependudukan

Statistika Sosial dan Kependudukan adalah salah satu dari dua Jurusan Statistika yang ada di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik. Jurusan ini menawarkan pendidikan dalam statistika terapan di bidang Sosial dan Kependudukan.

Seperti halnya Jurusan Statistika Ekonomi, lulusan dari Jurusan ini akan ditempatkan di Badan Pusat Statistik (BPS) baik di tingkat pusat maupun di daerah, serta Badan Sensus Negara.

Misi

1.Menghasilkan Sarjana Sains Terapan di bidang statistika yang berkualitas, unggul, dan berintegrasi;
2.Menghasilkan penelitian statistika di bidang sosial-kependudukan dan ekonomi yang bermanfaat bagi masyarakat;
3.Meningkatkan pemahaman masyarakat tentang manfaat statistika dalam pemecahan masalah di bidang sosial-kependudukan dan ekonomi.

Program studi akan dilaksanakan dengan beban studi sebanyak 140-160 Sks

Statistika Sosial dan KependudukanMempelajari statistik terapan bidang statistik sosial, kependudukan, dan demografi sehingga mampu melakukan analisis dan pelaporan di bidang sosial, kependudukan, dan demografi.

BACA JUGA : Apa itu Spesialis Akutansi STAN

Jurusan Komputasi Statistika

Menurut pandangan saya, jurusan ini sangat diminati karena keahlian dalam komputasi memiliki keterkaitan erat dengan dunia komputer, sehingga proses pembelajarannya tidak membosankan.

Jika Anda memiliki minat dalam hal-hal yang terkait dengan teknologi informasi (TI), memilih spesialisasi ini akan menjadi pilihan yang tepat.

Materi Perkuliahan

Di Jurusan Komputasi Statistik, para mahasiswa mempelajari berbagai teknik pengolahan data, pembuatan program, analisis data, serta teknik penyusunan sistem informasi statistik. Mereka diajarkan tentang penyusunan basis data, komunikasi data, sistem jaringan, dan diseminasi data statistik.

Lulusan

Jadi kalo lulusan Komputasi Statistika sepertinya lebih banyak ke Badan Pusat Statistika di Pusat.Atau bisa juga di mutasi ke Lembaga-lembaga negara lainnya yang memerlukan jasanya.Kalo mau kerja sama swasta juga kayaknya bisa,karena seluruh spesialis di Statistika cukup fleksibel di pekerjaan mana saja.

BACA JUGA : Cara Membuat Surat Keterangan Tanda Miskin (SKTM) Terbaru 2023

Kesimpulan

STIS menawarkan berbagai jurusan yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa sesuai minat dan bakat mereka. Dari jurusan Komunikasi hingga Sistem Informasi, setiap jurusan di STIS memberikan kesempatan untuk mendalami bidang studi yang spesifik dan memiliki prospek karir yang cerah.

Dengan reputasi sebagai institusi pendidikan unggulan dalam bidang statistika, STIS menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang tertarik dengan ilmu statistika dan bidang terkait.

You May Also Like