Apa itu Jurusan Klimatologi STMKG?

Apa itu Jurusan Klimatologi STMKG

Apa itu Jurusan Klimatologi STMKG | Hai semua! 🌟 Selamat datang di dunia keajaiban Jurusan Klimatologi STMKG! Siapa yang tidak tertarik dengan misteri cuaca dan iklim yang menggoda? Di sini, kita akan menjelajahi keunikan ilmu pengetahuan ini melalui Jurusan Klimatologi STMKG yang menyajikan petualangan seru dan edukatif.

Ayo, mari bersama-sama menjelajahi keindahan langit biru dan rahasia cuaca di Jurusan Klimatologi STMKG! 🌦️.

BACA JUGA : Jurusan Kuliah Dengan Gaji Rendah : Apa Iya ?

Klimatologi

Apa itu Jurusan Klimatologi STMKG
Apa itu Jurusan Klimatologi STMKG

Klimatologi merupakan salah satu spesialis dengan daya tampung yang rendah hanya sekitar 1 kelas,dan kelas terdiri dari 25 sampai 30 taruna. Secara umum Klimatologi merupakan ilmu yang mempelajari kualitas udara dan keadaan iklim.

Jadi waktu ada bencana asap yang melanda Indonesia beberapa waktu kemarin maka bagian klimatologi yang mengambil peran paling banyak,bukan hanya itu data-data dari klimatologi sangat dibutuhkan untuk bidang perkebunan dan pertanian karena kualitas udara merupakan salah satu tolak ukur berhasil atau tidaknya panen para petani.Sangat berjasa ya.

Jurusan Klimatologi di Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) mempelajari ilmu tentang iklim dan hubungannya dengan aktivitas manusia.

Klimatologi adalah ilmu yang mempelajari iklim melalui studi atmosfer pada wilayah yang luas dan dalam jangka waktu yang lama. Iklim juga dilihat hubungannya dengan segala aktivitas di permukaan bumi.

STMKG merupakan sekolah kedinasan semi militer yang berada di bawah naungan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi & Geofisika). Lulusan STMKG berkesempatan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan penempatan di seluruh wilayah Indonesia.

BACA JUGA : Apa itu Jurusan Instrumentasi STMKG?

Misi

1. Menyiapkan peserta didik menj
adi anggota masyarakat klimatologi yang memiliki kemampuan  professional dibidang Klimatologi.
2. Menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang Klimatologi serta mengupayakan penerapan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
3. Melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan dalam bidang Klimatologi.

BACA JUGA : Apa itu Jurusan Piutang dan Lelang Negara STAN

Mata Kuliah

Jurusan Kuliah
Jurusan Kuliah

Mata Kuliah untuk Klimatologi yang pertama mata kuliah umum untuk STMKG seperti Fisika, Statistika, Kimia tetapi ditunjang dengan materi analis cuaca, iklim dan musim, meteorologi pertanian, citra satelit dan radar prairaan iklim dan musim.

BACA JUGA : Apa Itu Tes Kesehatan EKG?

Standar Kompetensi Jurusan Klimatologi:

Setelah 1 (satu) tahun mengikuti pendidikan, Taruna STMKG memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya, yaitu : Mampu melaksanakan pengamatan dan pengumpulan data iklim dan kualitas udara.
Setelah menyelesaikan pendidikan selama 4 (empat) tahun, Taruna STMKG memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya, yaitu : Mampu melaksanakan kegiatan analisa dan pengolahan data serta pelayanan jasa iklim dan kualitas udara.

Lulusan

Taruna lulusan spesialis Klimatologi akan ditempatkan di stasiun-stasiun BMKG yang ada di setiap daerah di Indonesia.Jadi lulusan Klimatologi dijamin 100% akan menjadi PNS karena tarunanya yang sedikit sementara kebutuhan ahli di bidang Klimatologi selalu kurang.

BACA JUGA : Apa Saja Jurusan di STIS

Kesimpulan

Jurusan Klimatologi STMKG memainkan peran penting dalam pemahaman iklim dan upaya untuk mengatasi perubahan iklim di Indonesia dan seluruh dunia.

Dengan teknologi mutakhir dan kerjasama lintas disiplin, Klimatologi STMKG akan terus berkontribusi dalam mencari solusi untuk tantangan lingkungan yang kompleks.

Dengan menggabungkan ilmu pengetahuan dan tindakan nyata, mereka membantu masyarakat dan pemerintah untuk menghadapi perubahan iklim dengan lebih baik.

You May Also Like