Apa itu Jurusan Instrumentasi STMKG?

Taruna AMGInstrumentasi
Yang suka bongkar-bongkar barang,motor,tentang mesin cocok disini karena jurusan ini banyak berhubungan dengan alat-alat yang dibutuhkan spesialis Klimatologi,Geofisika,dan Meteorologi.Kelasnya sih sepertinya kebanyakan cowok tapi ada juga ceweknya,dikarenakan pekerjaannya yang berhubungan dengan mesin jadi jarang ada cewek yang tertarik masuk ke spesialis ini.Jumlah kelasnya 2-3 kelas,dengan jumlah taruna/i 25-30 perkelas.

Misi
1.Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat teknik meteorologi dan geofisika yang memiliki kemampuan professional dibidang Teknik Meteorologi dan Geofisika.
2.Menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang Teknik Meteorologi dan Geofisika serta mengupayakan penerapan untuk mrningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
3.Melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk men
gembangkan penerapan ilmu pengetahuan dalam bidang Teknik Meteorologi dan Geofisika.

Mata Kuliah
Selain mempelajari mata kuliah umum STMKG spesialis Instrumentasi akan diberi materi penunjang seperti pelajaran elektronika analog dan digital,sensor,peralatan observasi meteorologi,klimatologi,dan geofisika dan lain lain.
Standar Kompetensi Jurusan Instrumentasi :
Setelah 1 (satu) tahun mengikuti pendidikan, Taruna STMKG memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya, yaitu : Mampu melakukan instalasi perbaikan secara terbatas meteorologi, klimatologi, kualitas udara dan geofisika, komunikasi dan komputer.
Setelah menyelesaikan pendidikan selama 4 (empat) tahun, Taruna STMKG memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya, yaitu :Mampu melakukan instalasi perbaikan, kalibrasi dan pemeliharaan,peralatan meteorologi, kualitas udara dan geofisika, komunikasi dan komputer.
Terwujudnya peserta didik mempunyai sumber daya manusia di bidang teknik meteorologi dan geofisika yang handal, berdaya saing dan memberikan nilai tambah melalui pendidikan dan pelatihan.

BACA JUGA :  Fakta Di Balik Ujian STIS

Lulusan
Taruna/i spesialis ini setelah lulus akan menjadi teknisi di kantor-kantor BMKG stasiun meteorologi,klimatologi,dan geofisika di seluruh Indonesia.Jadi kalo lulusan Instrumentasi bisa bekerja dimana saja di bagian BMKG karena Instrumentasi merupakan penunjang pekerjaan semua jurusan di STMKG.

You May Also Like

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *