Apa itu Jurusan Geofisika STMKG?

logoGeofisika
Kalo yang suka sama fisika sama ilmu alam cocok sama spesialis ini karna spesialis ini akan berhubunngan dengan gejala-gejala alam tapi dikaitkan dengan ilmu fisika.Intinya spesialis Geofisika mempelajari seperti petir,gempa,dan gejala alam lainnya dengan metode fisika.Geofisika juga hanya memiliki 1 kelas dengan jumlah taruna/i 25-30 taruna/i jadi persaingannya cukup ketat bair masuk ke spesialis ini sama halnya seperti Klimatologi

Misi
Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat meteorologi yang memiliki kemampuan professional dibidang Geofisika
Menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang Geofisika, serta mengupayakan penerapan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
Melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan dalam bidang

Mata Kuliah
Mata kuliah untuk spesialis Geofisika selain mata kuliah umum STMKG diberi materi penunjang seperti analis data seismik,gravitasi bumi,kelistrikan udara,monitoring petir,geodinamika,prediksi gempa bumi,tektonik dan masih banyak lagi.
Standar Kompetensi Jurusan Geofisika :
Setelah 1 (satu) tahun mengikuti pendidikan, Taruna STMKG memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya, yaitu : Mampu melakukan pengamatan unsur-unsur geofisika.
Setelah menyelesaikan pendidikan selama 4 (empat) tahun, Taruna STMKG memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya, yaitu : Mampu melakukan pengolahan dan analisa geofisika.

BACA JUGA :  Apa Saja Jurusan di STIS

Lulusan
Taruna/i lulusan spesialis ini akan ditempatkan di kantor-kantor BMKG,di stasiun geofisika ataupu di kantor Pusat Gempa Nasional/Warning Room Indonesia Tsunami Early Warning System(InaTEWS) di seluruh Indonesia.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *