Apa Itu CAT(Computer Assisted Test)

Apa Itu
Computer Assisted Test merupakan inovasi dari pelaksanaan ujian yang biasanya menggunakan lembar jawaban dan tumpukan kertas soal yang memakan banyak biaya untuk tiap seleksi menjadi murah dan efisien.

Keunggulan CAT
Keunggulan CAT tentunya sangatlah banyak selain menghemat anggaran negara juga:

j
kppnmakassar2.net

  1. Tidak repot lagi melingkari lembar jawaban.
  2. Mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian.
  3. Menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional.
  4. Mewujudkan transparansi, obyektifitas, akuntabel, dan bebas korupsi kolusi dan nepotisme.

Untuk Informasi mengenai berbagai sekolah Kedinasan seperti BIN,STAN,IPDN silahkan kunjungi
KuliahGratisIndonesia

Tidak Repot
Tentu saja karena ketika anda akan mengikuti test ini,anda tidak perlu membawa apapun,termasuk pensil,ballpoint,penghapus atau alat tulis lainnya,karna kita hanya tinggal menggerakkan cursor mouse computer untuk menentukan jawaban

Login
Cara kerja Computer Assisted Test sangatlah simpel.Pertama kita akan login menggunakan No PIN yang diberikan panitia,setelah login maka akan tampil data peserta apabila ada ketidaksesuaian diwajibkan untuk melaporkannya ke panitia.Apabila semua data telah sesuai maka klik tombol mulai ujian,maka lembar soal akan tampil.

BACA JUGA :  Cara Membersihkan Paru-Paru

Waktu
Ketika anda mulai menekan tombol mulai ujian maka pada saat itu pula waktu hitung mundur akan mulai berjalan,jadi nanti jangan heran kalo misalnya ada peserta di samping anda masih bisa mengerjakan soal sementara anda sudah tidak bisa lagi mengerjakan soal karna waktunya sudah habis,mungkin saja anda lebih awal memulai ujiannya dan rekan di samping anda lebih lambat ketika mengklik tombol mulai ujian,tapi tidak usah khawatir jumalah waktu tiap peserta tetap sama.

Cara Kerja
Cara kerja CAT adalah anda cukup mengklik pilihan yang sesuai menurut anda,bentuk soalnya sih sama saja seperti di soal pilihan berganda pada soal pada umumnya,hanya saja kita dipermudah ketika ingin memilih jawaban karena cukup dengan mengklik option A apabila jawaban kita A atau D kalo jawaban kita D.Simpell bukaannn,HAhahaaa.Trus nanti di monitor bagian bawah pasti ada kotak persegi panjang,di kotak itu memungkinkan kita untuk melompati soal yang sukar,atau misalnya anda ingin mengerjakan soal Bahasa Inggris,sementara pada layar monitor anda soal Matematika,jadi tinggal klik pada persegi panjang itu,pilih no soal yang menampilkan soal B.Inggris.

BACA JUGA :  Jurusan Di STSN

Cara Penilaian 
Cara penilaiannya sesuai dengan ketentuan panitia apakah menetapkan nilai minus pada jawaban yang salah.Cara penilaiannya menggunakan suat sistem diamana apabila kita mengerjakan suatu soal dan benar maka skor nilai kita akan langsung terkirim ke operator dan berdasarkan pengalaman saya ketika ikut ujian CAT,monitor operator akan langsung terhubung ke monitor di lobby kantor tempat berlangsungnya ujian(biasanya di kantor BKN) jadi semuanya bersipat transparan dan meminimalisir terjadinya kecurangan.Jadi misalnya kalo anda ikut ujian CAT trus bawa saudara atau orangtua,mereka juga bisa melihat skor dan peringkat selama ujian berlangsung detik demi detik,jadi bukan anda saja yang pusing memikirkan soal,tapi saudara atau orangtua anda juga bakal ikut gregetan melihat skor dan peringkat anda yang kadang atas kadang dibawah karna bingung milih jawaban,Hahahah.Trus kalo kita sudah selesai mengerjakan soal atau waktu sudah habis
maka,soal akan tetutup otomatis dan jreng jreng skor hasil kerja kitapun akan terpampang secara langsung di monitor kita,ya kalo lulus Alhamdulillah,kalo tidak belum rezeki,jadi kita gak perlu nunggu lama-lama dengan perasaan cemas dan bertanya-tanya “lulus gak yaa”.

BACA JUGA :  10 Universitas Terbaik di Indonesia

Menyelesaikan ujian
Kalo mau menyelesaikan ujian,ada 2 cara,yaitu:
1.Menunggu sampe waktu habis,yaitu kita tidak melakukan apa-apa karna soal akan tertutup otomatis apabila waktu kita habis,jadi biasanya akan ada peringatan di monitor kita kalo waktu kita kurang dari 3 menit lagi,tapi pastikan dulujawaban anda udah yakin gak tuh,rechek jawaban anda manatau
ada yang khilaf 😀
2.Langsung mengklik tombol selesai ujian pada monitor padahal masih banyak sisa waktu,jadi kalo anda mengklik selesai ujian maka monitor akan menutup soal dan menampilkan skor perolehan anda tanpa bisa lagi kembali ke proses pengerjaan soal,menurut saya sih mendingan gak usah buru-buru pastiin aja dulu jawabannya udah betul,daripada nyesal.

Kalo mau nanya-nanya komen aja 😀

Previous Post

No more post

You May Also Like

18 Comments

  1. Min mau tanya ,kalo misal udh pake orang dalem buat masuk sekolah kedinasan, waktu kita tes cat apa bisa hasilnya dimanipulasi? Misalny kita ga lolos karena 1 passing grade ga memenuhi ,bisa diubah jadi lolos?

  2. Kayaknya gk bisa deh karena sudah make sistem komputer, tp memang tidak ada yg tidak mungkin apa lagi kalo dibantu ahli IT.
    Kemungkinan menggunakan cara curang saya kira cuma dengan cara memperoleh soal lebih awal atau kunci jawaban dari panitia.Mendingan jangan pake cara curang nanti gak tenang hidupnya Hahahahah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *